Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

BAHAYA INSTANT

05:24:00 Akhmad Zaenudin 0 Comments Category :



Mie instant yang dimakan oleh anak kosan setiap hari bisa berbahaya bagi lambung dan saluran pencernaan. Tapi saya nggak akan bahas itu. Saya akan coba membahas instant di dalam kehidupan.

Instant berati serba mendadak, diperoleh dengan sangat cepat, nggak perlu repot-repot mencari sudah ada di depan mata, nggak perlu keluar keringat banyak. 

Instant dalam kehidupan artinya ada proses yang terlewati, ujug-ujug di atas padahal belum melewati anak tangga 1 2 3 dst. Inilah instant yang sangat berbahaya ketimbang sebungkus mi instant.

Perhatikan! Plastik yang terbang tertiup angin ke atas lalu ia jatuh seketika itu juga. Bedakan dengan pesawat Sukoi F16, tak diterbangkan oleh angin tetapi ada bahan bakar yang digunakan, ada sayap untuk berbelok dan mempertahankan ketinggian dan ada peluru digunakan untuk menembak musuh. 

Banyak tahapan rancangan yang harus dilalui untuk menjadi pesawat yang sempurna. Butuh banyak waktu tenaga dan modal yang tak sedikit. Manusia juga sama dong. Kalau mau terbang instant maka jadilah seperti plastik itu.

Banyak ajang pencarian bakat yang menawarkan popularitas. Banyak joki pekerjaan yang menawarkan jabatan. Banyak cinta yang berseliweran membuai nikmat semata tanpa ikatan suci. Nah ini semuanya juga sama. Jelas instant!

"Easy come, easy go". Mudah datang maka mudah pula perginya. Mudah kaya tapi mudah juga jatuh miskinnya. Mudah memperoleh jabatan tapi pada akhirnya korupsi juga. Mudah memperoleh pasangan lewat jalur sesat pacaran padahal berujung sakit hati dan ditambah dosa pula.

Hilangnya generasi penerus diakibatkan oleh mental pemudanya yang ingin serba cepat tanpa melalui proses panjang di dalamnya. Ini kekhawatiran yang teramat besar negeri ini. 

Pemudanya hanya ingin disuapi, dijejali kemalasan, disusupi budaya barat yang melemahkan, dan diredamnya budi bekerti kita yang luhur.

Jangan salahkan perubahan. Justru kita yang harus mampu beradaptasi dan memfilter apa saja yang masuk. Lemahnya mental kita yang tak mampu memilah apa saja yang baik dan apa saja yang buruk. Yang buruk kita gunakan, yang baik malah terabaikan.

"Cepat boleh asal tepat. Tepat boleh asal ada proses belajar yang di dapat."

Sumber gambar: www.bestlife.co.id

RELATED POSTS

0 komentar