Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

SHOPING DI SUPERMARKET, AMALNYA UNTUK SIAPA?

06:08:00 Dyne creative 0 Comments Category :

Lebih baik kita berbelanja kebutuhan sehari-hari di warung (klontong/toko) biasa ketimbang di pasar modern dsb. 

Karena sudah jelas kalau hasil penjualan di warung biasa kan dipergunakan untuk kebutuhan hidup keluarganya. Kalau di supermarket kan kita nggak tahu, penghasilan tsb dipergunakan untuk kegiatan apa saja (Kukuh Priyo Aji, 2014).

Nah, jangan berbangga-bangga juga kalau shoping di supermarket, mall dsb. Karena dibalik itu semua kita nggak akan tahu. Untuk memperkaya orang yang sudah kaya kah, bisa jadi. 

Pendapatannya untuk kegiatan yang haram atau halal kah, kita juga nggak tahu. 

Saya dengar, uang receh kembalian di suatu mini market dipergunakan untuk ibadah agama lain. Nah ini hal kecilnya yang kita tahu. Perihal besarnya kita belum tahu. 

Kalau kita nggak beli di supermarket tsb. Lalu pekerja muslim di sana di PHK dong karena supermarketnya bangkrut? Kalau ada muslim yang taat pasti nggak akan mau menjualkan minuman keras yang diharamkan di dalam Islam. 

Kalau sudah tahu supermarket tsb punya tujuan yang nggak baik. Maka takkan ada pekerja muslim yang mau kerja di sana. Ataupun takkan ada pembeli muslim yang mau beli di sana lagi. 

"Pekerja baik akan bekerja di tempat yang baik. Pembeli yang baik akan membeli di tempat yang baik. Dan penjual yang baik akan menjual segala kebaikan."

Janganlah saling tolong menolong kecuali dalam hal kebaikan. Janganlah mengikuti ajaran agama lain, diluar dari Islam. Itu!

Alkisah, ada seorang kakek tua, beliau jualan sayur keliling. Karena ingin membantu kakek tsb maka kita beli semuanya jualan tsb dengan harga lebih mahal. Nah, pelajaran penting juga. 

Ketimbang kakek tsb mengemis atau minta-minta lebih baik kita beli dagangannya. Agar besok jualan lagi lebih semangat. Kalau ada yang jualan dan beliau sudah tua renta, jangan ditawar! Kasihan mereka. Sudah tua harus bekerja keras buat hidupnya. Mending kita beli dengan harga mahal sekalian. 

Ladang pahala juga kelak kalau kita ikhlas :) InsyaAllah.

Semoga Allah SWT selalu membukakan mana yang benar dan salah. Memberi kita petunjuk untuk selalu di jalan Islam. Aamiin.

RELATED POSTS

0 komentar